Cara Pemberian Pakan Untuk Ternak Murai Batu

Cara pemberian pakan ternak Murai Batu yang baik sebaiknya diberikan makan 3 jangkrik setiap hari – Pastikan untuk tidak memberikan kroto yang sudah basi karena dapat menyebabkan murai mencret atau bahkan mati.  Jika ingin beternak murai batu anda harus mencari pakan yang baik dan bagus. Anda bisa menggunakan pakan alami, bukan yang dibuat dari pabrik.

Cara Pemberian Pakan Untuk Ternak Murai Batu

Berikan pakan untuk burung murai batu sperti serangga, cacing, ulat, kroto, jangkrik dan contoh pakan alami lainnya. Anda juga bisa menambahkan voer pada pakan murai asalkan mengandung protein, vitamin, karbohidrat dan mineral yang cukup. Burung murai batu perlu makan setidaknya 1/10 dari berat badannya per hari. Namun banyak juga peternak yang memberikan kontrol porsi sesuai dengan yang diinginkan burung.

Murai batu merupakan jenis burung yang memiliki suara unik, berekor panjang dan tentunya banyak digandrungi oleh para penggiat burung berkantong tebal karena harganya berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Banyak yang melakukan ternak murai batu, namun tidak sedikit juga yang gagal. Hal ini biasanya dipicu oleh pemilihan bibit yang salah, kandang yang kurang memadai, perawatan yang kurang tepat atau bisa juga karena sistem perjodohan yang salah.

Sebenarnya ada berbagai cara ternak murai yang bisa dilakukan seperti sistem koloni, namun untuk lebih jelasnya bisa anda lihat point sebagai berikut :

1. Pilih Bibit Murai Batu Yang Unggul

Memilih bibit murai murai unggul untuk ternak murai sangatlah penting, apalagi sebagai pemula tentunya kita harus bisa membedakan mana bibit murai yang berkualitas dan mana yang tidak. Jika indukan memiliki suara yang merdu dan khas, maka hal ini bisa kita wariskan kepada anakan murai batu. Pemilihan induk ini berbeda antara induk jantan dan induk betina. 

2. Persiapan Untuk Ternak Murai Batu

Mempersiapkan yang dibutuhkan untuk ternak murai juga tidak kalah pentingnya, bagi anda yang baru ingin memulai ternak murai, setidaknya anda sudah memiliki persiapannya. Agar ternak murai batu anda sukses dan berhasil maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan persiapan seperti modal untuk beternak murai batu dan pembuatan kandang. 

Tinggalkan komentar