Modal Yang Diperlukan Untuk Ternak Murai Batu

Modal yang diperlukan untuk ternak Murai Batu kisaran 10 Juta rupiah, modal tersebut untuk membeli sepasang indukan murai batu medan dan membuat kadangnya.

Modal Yang Diperlukan Untuk Ternak Murai Batu

Burung murai batu betina bisa bertelur hingga delapan kali dalam setahun. Sekali bertelur, dihasilkan dua sampai tiga butir telur. 

Ada berbagai jenis murai salah satunya Murai Batu Medan yang dikenal memiliki banyak peminat sehingga peluang pasarnya semakin besar. 

Tips Ternak Murai BatuAda beberapa hal yang harus diperhatikan dalam hal budidaya ternak murai medan. 

1. Kandang

Cara beternak burung murai batu medan yang baik yaitu dengan memperhatikan letak kandangnya. Kandang harus dibangun semirip mungkin dengan habitat aslinya. Biasanya kandang dibangun di pekarangan rumah dan dilengkapi dengan dahan kering sebagai tempat bertelur.

Kelembaban juga harus dijaga – Kandang jangan terlalu lembap, tapi juga jangan terlalu kering. Yang tidak kalah penting adalah lokasi kandang harus jauh dari keramaian agar burung murai tidak stress. Selain itu, ukurannya juga harus disesuaikan dengan jumlah burung yang ada di dalamnya.

Jika kandang terlalu kecil, burung murai akan sulit bergerak, yang dapat mempengaruhi siklus bertelur bahkan dapat membunuh burung tersebut. Sedangkan jika terlalu besar, murai bisa cepat lelah dan sakit karena terlalu banyak terbang.

2. Tetap bersih

Lingkungan yang kotor terutama di dalam kandang bisa membuat burung murai sakit. Selain itu burung murai bisa mengalami stress dan akhirnya mati. Untuk menjaga kebersihan, lakukan tips berikut ini:

  • Tempat makan dan minum harus dibersihkan setiap hari minimal satu kali
  • Makanan dan minuman baru harus disediakan setiap pagi
  • Sisa makanan kemarin harus dibuang
  • Wadah kotoran di dalam kandang harus dibersihkan setiap hari
  • Gunakan disinfektan dan antimikroba untuk membersihkan kandang
  • Cuci seluruh kandang minimal empat hari sekali.

3. Pemberian makan

Di habitat aslinya, burung murai batu medan banyak memakan serangga. Jadi selain pur dan kroto, sesekali berikan ulat atau serangga lain sebagai asupan tambahan.

4. Sistem poligami

Cara ternak murai juga bisa menggunakan sistem poligami – satu kandang bisa diisi satu jantan dan dua betina. Betina yang akan dipoligami harus tetap bersama sejak lahir untuk menghindari perebutan satu jantan. Indukan jantan yang dikawinkan secara poligami harus memiliki riwayat subur dan lebih tua dari indukan betina.

5. Murai perlu mandi

Kebersihan tubuh burung murai penting agar terbebas dari kuman penyakit. Oleh karena itu, burung murai harus dimandikan minimal satu kali dalam sehari atau sediakan wadah berisi air untuk mandi sendiri. 

Tinggalkan komentar