Mengenal 8 nomor kartu debit bni & fungsinya

8 digit nomor kartu debit BNI adalah angka unik yang ditemukan di bagian belakang kartu debit BNI anda. 8 digit angka ini berfungsi sebagai alat untuk memverifikasi keamanan saat melakukan transaksi melalui ATM atau melalui layanan perbankan online. 

Mengenal 8 nomor kartu debit bni & fungsinya

Perlu Anda ketahui bahwa setiap kartu debit pasti memiliki 16 digit. Nah, sudah tahu kan fungsi dari nomor kartu debit?

Nomor kartu debit sebenarnya memiliki fungsi yang penting.  Yuk, simak pembahasan apa itu nomor kartu debit dan fungsinya di bawah ini!

Apa itu Nomor Kartu Debit? Nomor pada kartu debit terdiri dari 16 digit yang berjejer membentuk kode untuk digunakan sebagai penanda identitas pemilik.

Fungsi dari nomor kartu debit adalah untuk menjamin keamanan dalam setiap transaksi baik tunai maupun tidak.

Nomor kartu pada debit atau biasa dikenal dengan kartu ATM digunakan untuk mengidentifikasi rekening Anda. Setiap orang yang terdaftar sebagai nasabah bank wajib memiliki kartu ATM.

Oleh karena itu, Anda harus merahasiakan nomor kartu ATM tersebut, agar tidak tertipu.

Selain sebagai penanda identitas, nomor ini juga ditujukan untuk sistem keamanan, sehingga Anda perlu melaporkannya ke pihak bank jika terjadi kehilangan.

Jika kartu debit Anda hilang, perlu ditindaklanjuti ke pihak bank, agar tidak disalahgunakan oleh pihak lain. Bank biasanya akan langsung memblokir kartu debit yang hilang.

Jadi, selalu waspada dengan merahasiakan nomor kartu ATM Anda, karena kejahatan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja

Di manakah lokasi Nomor Kartu Debit? Nomor kartu debit terletak di tampilan depan, dengan deretan 16 angka membentuk kode.

Nomor ini harus dirahasiakan agar tidak disalahgunakan oleh orang lain. Di balik kartu debit juga ada hal penting yang harus dirahasiakan. Kode ini tidak boleh sembarangan dibagikan kepada orang lain, apalagi jika sudah diambil.

Fungsi Nomor Kartu Debit – Setelah mengetahui arti dan letak nomor pada kartu debit, Anda perlu mengetahui apa fungsinya dan mengapa harus dirahasiakan.

Berikut fungsi nomor kartu debit yang harus Anda perhatikan :

1.Sebagai identitas pemilik kartu debit

2. Sebagai sistem keamanan 

3. Untuk memudahkan proses transaksi

4. Untuk menunjukkan aktivasi akun

Bagian dari kartu debit yang perlu Anda ketahui :

1. Hologram dan kode CVC atau CVV

Pada kartu debit terdapat hologram dengan kode CVC dan CVC – Kode ini untuk verifikasi kartu debit. Kode ini merupakan bukti keaslian kartu debit, sehingga harus dirahasiakan dari orang lain.

CVC atau CVV terdiri dari 3 digit angka yang disusun sebagai kode rahasia sehingga tidak mudah dibobol – CVC diakses di jaringan MasterCard, sedangkan CVV untuk Visa. Fungsi kedua kode ini adalah untuk memastikan keamanan transaksi dari penipuan.

2. Nomor Kartu Debit Awal

Nomor kartu debit pada tampilan depan terdiri dari 16 digit yang memiliki fungsi penting dalam bertransaksi.

Nomor ini membentuk kode yang digunakan untuk identifikasi dan sebagai pengenal pelanggan.

16 nomor ini memiliki rincian bahwa bank penerbit kartu menyusun 5 digit setelah 1 digit pertama, sedangkan sisanya menunjukkan data pribadi nasabah.

Angka pertama pada kartu debit juga memiliki arti, yaitu jika angkanya 4 maka berjenis Visa.

Untuk angka 5 di digit pertama jenis MasterCard – Nomor ini bersifat rahasia dan disaring bila perlu, untuk mencegah penipuan.

3. Tahun berlaku

Tahun berlaku terletak di bawah baris ke-16 nomor kartu ATM. Pada bagian ini, ada bulan dan tahun kartu debit berlaku. Jika sudah mendekati akhir bulan, tapi belum diganti, segera ganti kartu di bank.

Karena kartu debit tidak bisa digunakan sebagai alat transaksi jika sudah melewati masa berlakunya, baik tarik tunai maupun tarik tunai.

Penggantian kartu harus dilakukan 3 bulan sebelum tanggal kadaluwarsa, sehingga tidak dikenakan biaya.

4. Chip di Bagian Depan Kartu

Chip pintar terletak di bagian depan bersama dengan tanggal kedaluwarsa dan nomor kartu.

Smart chip tersebut berfungsi untuk melindungi keamanan transaksi nasabah dari skimming – Chip ini menggunakan teknologi berupa strip magnetik.

Itulah penjelasan mengenai fungsi nomor kartu debit dan bagian-bagiannya. Pada dasarnya nomor kartu debit memiliki peran penting dalam menjaga keamanan.

Semoga penjelasan dalam artikel ini dapat dipahami dengan benar untuk menjaga keamanan kartu debit Anda.

Tinggalkan komentar